jncxinside.com - Dari membuat blogger sampai mengatur kesana-kemari agar blog bisa maksimal itu memang butuh yang namanya proses, banyak sekali proses agar blog kalian bisa menjadi berkualitas serta sangat bermanfaat bagi orang lain, biasanya orang membuat blog/website itu tujuan utamanya apa dulu? misal kita membuat blog untuk tutorial, berjualan berpromosi bahkan apa saja sesuai keinginan kita yang intinya bermanfaat bagi orang lain, yaitu dengan cara berbagi (sharing) jika kalian menggunakan blogger.com memang gratis untuk hostingnya karena memakai platform google, google menyediakannya dengan free. Maka dari itu kalian bebas membuat blog dari situs blogger.com


Disana kalian mulai membuat berbagai macam apa saja sesuai kebutuhan kalian, misalnya membuat sesuatu mungkin bisa berita, tutorial unik dan juga menarik dari kalian sendiri dan masih banyak lainnya yang masih bisa dishare intinya hal yang positif dan jangan yang negatif. Sudah banyak orang yang sukses dari dunia blogger sendiri, tentu bukanlah hal yang mudah. Kuncinya cuma satu yakni semangat dan pantang menyerah untuk membuat artikel dengan baik. 

Langsung ke intinya saja ya teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan membuat Tutorial Cara Menghubungkan Domain Tld ke Blogger, dimana domain yang tadinya diberikan oleh pihak blogger yang akhirannya yaitu .blogspot.com nah ini nanti di custom dengan nama domain kita sendiri yang telah kita beli di situs-situs penjual domain, kalian bisa saja mencari situs layanan penjual domain yang harganya relatif murah, seperti .com, .net, .id, .co.id serta masih masih sekali domain Tld yang bisa kalian pilih untuk situs kalian nantinya. 

Keuntungan memakai domain Tld itu apa sih? 

Bagi kalian mungkin yang belum terlalu memahami keuntungan domain Tld (Top Level Domain) itu berfungsi agar link url blog bisa singkat dan mudah diingat oleh pengunjung, mudah dihafal, pastinya aar mesin pencari google bisa cepat terindext untuk menampilkan isi dari blog tersebut. Serta blog menjadikan meningkat serta berkelas. Bisa saja memakai domain bawaan dari blogger tetapi kurang maksimal sebenarnya, karena di jaman era sekarang domain dari blogger banyak yang disalah gunakan seperti penipuan berkedok hadiah sms dan yang lainnya. 

Tutorial Menghubungkan Domain Tld Ke Blogger

  • Pastikan kalian telah mempunyai akun blogger dan situs blog
  • Domain yang telah terdaftar di situs penyedian layanan domain
  • Disini saya menggunakan domain yang telah saya beli di Exabyte, mungkin nanti penempatan agak berbeda tetapi settingnya sama.
  • Buka Blogger → Setting → Basic, nah akan tampil seperti gambar dibawah ini

  • Yang perlu kalian perhatikan, disini kalian harus mengisikan domain tersebut dengan domain yang telah didaftarkan di situs penyedia layanan, masukkan saja nama domain kalian, jika sudah pilih Save saja, nanti pasti ada keluar error karena belum diatur host bloggernya di domainnya. 
  • Sekarang kita bisa salin saja Name, Label, Host nya seperti dikasih oleh blogger kode yang nantinya ditaruh di domain tld kalian. Seperti ini
mengganti domain bawaan blogger ke tld


Settingan Name Server dari google, nanti kita harus mengatur seperti ini di dalam domain yang telah kalian beli. 

@ 3600 IN A 216.239.32.21
@ 3600 IN A 216.239.34.21
@ 3600 IN A 216.239.36.21
@ 3600 IN A 216.239.38.21
www 3600 IN CNAME ghs.google.com
hpopfy6xulf3 3600 IN CNAME gv-cy4vyj7fevj4cg.dv.googlehosted.com

  • Sekarang saya akan membuka situs dimana saya beli domainnya, yaitu di exabyte.co.id disini saya akan mengubah settingan DNS, nah kita akan menambahkan host / nameserver yang telah diberikan oleh pihak blogger ke MANAGE DNS, itu kalau di exabyte ya. Nah biasanya itu kan sudah ada banyak settingan yang telah diberikan oleh pihak penyedia domain, kita atur saja dnsnya yang kita butuhkan tadi. 
  • Ubah saja di bagian yang dibutuhkan lihat gambar ini saja. Samaian seperti ini, pokoknya kalian harus sesuain saja
Settingan DNS : 
mengganti domain bawaan blogger ke tld

mengganti domain bawaan blogger ke tld

  • Setelah kalian atur seperti ini, pastikan simpan dahulu, kemudian selanjutnya kita bisa kembali keblogger untuk mengaktifkan domainnya lagi agar bisa keredirect
  • Kembali, ke Buka Blogger → Setting → Basic, lalu klik simpan lagi tunggu hingga sukses dan bisa terhubung, mungkin memerlukan waktu beberapa jam bahkan bisa 1x24 jam semua tergantung dari situs layanan domainnya, untuk memproses dari DNS blogger (google) ke DNS situs penyedia domain tadi. 
  • Setelah berhasil jika kalian membuka blog kalian, nanti pasti akan redirect atau pindah ke alamat blog yang baru dengan domain TLD yg baru.
Mungkin sekian dari tutorial "Menghubungkan  domain blogspot ke domain TLD" semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua yang baru belajar mengcustome domain agar mudah untuk membuka alamat web kalian. Mohon maaf apabila ada kekurangan kata dan juga bahasa dalam penulisannya sangat membingungkan. Sampai jumpa dilain artikel 


search_
cara merubah domain bawaan blogger
cara mudah menghubungkan domain tld ke blogger
setting domain bawaan blogger ke domain tld
cara mudah mengatur dns blogger 
mengcustome domain blogger ke tld
cara mengganti domain blogger dengan mudah
menganti domain bawaan blogger ke domain .com
cara mudah setting Domain Name Server pada blogger

Post a Comment