JncxInside - Materi design Basis Data, saya akan berbagi tugas jawaban BAB II tentang Materi pemograman Basis Data, Nah jika kalian ada tugas tentang design Basis Data, langsung saja seperti ini tinggal salin. Gak usah ngetik ya karena ngetik bikin capek aja kan. Oke lanjut gan saja dari pada kelamaan.


SOAL & JAWABAN .....

1. Sebutkan 6 tahap perancangan basis data!

Jawab :
1. Koleksi dan analisa kebutuhan
2. Desain basis data konseptual
3. Pemilihan DBMS
4. Pemetaan model data (disebut juga desain basis data logika)
5. Desain basis data fisik.
6. Implementasi dan tuning sistem basis data

2. Manakah dari 6 tahap tersebut sebagai aktifitas utama dalam proses perancangan basis data ? Mengapa ?

jawab :
·        Desain basis data konseptual
·        Pemetaan model data (disebut juga desain basis data logika)
·        Desain basis data fisik

Karena suatu database yang merupakan hasil dari tahap 1 dan menghasilkan sebuah conceptual database schema pada DBMS-independent model data tingkat tinggi seperti EER (Enhanced Entity Relationship) model.setelah itu skema konseptual ditransformasikan dari model data tingkat tinggi yang digunakan pada tahap 2 ke dalam model data dari model data dari DBMS yang dipilih pada tahap 3.

3. Mengapa perancangan skema dan aplikasi dilakukan secara parallel ?

Jawab : Karena aktifitas pertama yaitu desain skema konseptual, menentukan kebutuhan data yang dihasilkan pada tahap 1 dan menghasilkan skema basis data konseptual. Aktifitaskedua, desain transaksi dan aplikasi, menentukan analisa aplikasi basis data pada tahap1 dan menghasilkan spesifikasi level tinggi untuk aplikasi tersebut.

4. Mengapa digunakan model data implementation-independent selama perancangan skema konseptual ?

Jawab : Skema konseptual tidak tersedia sebagai deskripsi stabil dari isi basis data. Pemilihan DBMS dan keputusan desain dapat berubah tanpa mengubah skema konseptual DBMS-independent.


5. Mengapa diperlukan koleksi dan analisa kebutuhan ?

Jawab : Karena ini suatu tahap dimana kita melakukan proses indentifikasi dan analisa kebutuhan-kebutuhan data dan ini disebut pengumpulan data dan analisa. Untuk menentukan kebutuhan-kebutuhan suatu sistem database, kita harus mengenal terlebih dahulu bagian-bagian lain dari sistem informasi yang akan berinteraksi dengan sistem database, termasuk para user yang ada dan para useryang baru beserta aplikasi-aplikasinya. Kebutuhan-kebutuhan dari para user dan aplikasi-aplikasi inilah yang kemudian dikumpulkan dan dianalisa.

6. Buatlah aplikasi actual dari suatu system basis data. Tentukan kebutuhan dari level pemakai yang berbeda dalam hal kebutuhan data, tipe query dan transaksi yang diproses.
Jawab : -

7. Bagaimana karakteristik dari model data untuk rancangan skema konseptual harus diproses ?

Jawab : Karakteristik Model data :
1)  Expressiveness : model data cukup ekspresif untuk membedakan perbedaan tipedata, relationship dan constraint.
2)  Simplicity and understandability : model cukup sederhana untuk pemakai yang tidak mengerti dan menggunakan konsep tersebut.
3)   Minimality : model mempunyai sejumlah kecil konsep dasar yang berbeda dan tidak overlapping.
4) Diagrammatic representation : model dalam bentuk notasi diagram untuk menampilkan skema konseptual yang mudah diintepretasikan.
5)  Formality : skema konseptual ditampilkan dalam model data aharus merepesentasikan spesifikasi formal data. Sehingga, konsep model harus ditentukan secara akurat dan tidak berganda.


8. Apa perbedaan dua pendekatan utama dalam rancangan skema konseptual?

Jawab ; Perbedaan kedua pendekatan terletak pada tujuan dimana banyak view atau kebutuhan dari banyak pemakai dan aplikasi digabungkan. Pada pendekatan terpusat, rekonsiliasi dilakukan secara manual oleh DBA. Hal ini dapat mengakibatkan terjadi konflik pada staff DBA. Permasalahan ini dipecahkan dengan menggunakan konsultan luar. Pada pendekatan view integration, setiap kelompok pemakai merancang skema konseptual (EER) masing-masing. Kemudian proses integrasi diaplikasikan pada skema ini (view) oleh DBA untuk membentuk skema integrasi global
9. Strategi apa yang digunakan untuk merancang skema konseptual dari kebutuhan?

Jawab ; Strategi- strategi untuk merancang Skema:
1. Top-down strategy : Dimulai dengan skema yang berisi abstraksi level tinggi dan kemudian mengaplikasikan ketentuan top-down. Sebagai contoh, tentukan hanya beberapa tipe entiti level tinggi dan kemudian lakukan pembagian ke dalam tipe entiti level lebih rendah dan relationship.
2. Bottom-up strategy : Mulai dengan skema yang berisi abstraksi dasar dan kemudian kombinasikan atau tambahkan abstraksi tersebut. Sebagai contoh, mulai dengan atribut dan kelompok ke dalam tipe entiti dan relationship. Tambahkan relasi baru pada tipe entiti selama proses perancangan.
3. Inside-out strategy : Merupakan kasus khusus dari bottom-up strategi, dimana atensi difokuskan pada himpunan konsep terpusat yang lebih nyata. Model kemudian diisi dengan konsep baru pada konsep yang sudah ada. Kita dapat tentukan beberapa tipe entiti nyata dalam skema dan dilanjutkan dengan menambah tipe entiti dan relasi yang berhubungan.
4. Mixed strategy : Kebutuhan dibagi berdasarkan top-down strategy, bagian skema dirancang untuk setiap partisi berdasarkan bottom-up strategy. Jadi strategi ini mengkombinasikan beberapa skema.

10. Sebutkan langkah-langkah view integration ke rancangan skema konseptual.

Jawab ; Langkah Langkah View Integration ke rancangan Skema Konseptual:
1.      Indentifikasi korespondensi dan konflik diantara skema
2.      Modifikasi view untuk kesesuaian dengan lainnya
3.      Menggabungkan view
4.   Restrukturisasi : sebagai langkah akhir, skema global dianalisa dan direstrukturisasi untuk memindahkan redundansi dan konpleksitas yang tidak perlu.


11. Sebutkan factor untuk memperlancar pemilihan paket DBMS untuk system informasi dalam organisasi.

Jawab  ; Faktor-faktor untuk memperlancar pemilihan DBMS :
Pemilihan DBMS berdasarkan beberapa faktor, beberapa hal teknis, ekonomi dan kebijakan organisasi. Faktor teknis berhubungan dengan ketepatan DBMS yang dipilih.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan secara ekonomi dan factor organisasi adalah ;
1.      Software acquisiton cost
2.      Maintenance cost
3.      Hardware acquisition cost
4.      Database creation and conversion
5.      Personal cost
6.      Training cost
7.      Operating cost

Beberapa faktor ekonomi dan organisasi yang berakibat pemilihan suatu DBMS:
a.      Organization-wide adoption of a certain
b.      Familiarity of personnel with the
c.      Availability of vendor service

12. Apa yang dimaksud pemetaan data model system-independent ? Apa perbedaannya dengan system-dependent ?
Jawaban :
Pemetaan ke dalam model data DBMS dengan tidak mempertimbangkan karakteristik atau hal-hal yang khusus yang berlaku pada implementasikan DBMS dari model data. Berbeda dengan dependent-system yang mempertimbangkan tiap skema yang terintegrasi dengan sistem.

Jika males nyalin juga? nah kalian bisa langsung downlaod saja file .docnya saja ya biar langsung jadi. Btw kalian memang sangat malas :v oh iya ada 1 soal yang belum yaitu nomer 6, tapi yaudah gak usah dikerjain bikin puyeng ya gan.


Link Download → DISINI 


Tanks - google / blog / web and more

Post a Comment