Belajar php tipe data

jncxinside.com - Disini kita kembali lagi ya teman-teman, oh iya pada kesempatan kemarin kita sudah sampai kepembahasan variabel kan, kemudian kali ini kita akan melanjutkan lagi yaitu tentang tipe data, dari penginstallan php agar bisa dijalankan di server kita (localhost) disini masih berjalan dengan berbagai fungsi lagi, untuk tipe data di php itu sendiri cukup lumayan banyak sekali tipe datanya, seperti integer, float, string, objek, array, null, dan juga tipe data resource.

Nah untuk saat ini kita akan mempelajari tentang 5 tipe data yang paling penting, sebenarnya semua tipe data itu sangat penting sekali karena nanti akan berfungsi di dalam pemograman php ini, misalkan kita membuat objek sesuatu disitulah pasti akan membutuhkan tipe data, dan tipe data berbeda-beda tentunya memiliki fungsi tersendiri ya. Yuk lanjut ke pembahasan saja untuk tipe datanya agar lebih jelas apasih kegunaan dan fungsinya.

Integer

Jika kalian mendengar int - ya tentunya yaitu Integer, itu adalah tipe data untuk menyimpan suatu data bilangan bulat seperti, bilangan negatif dan juga positif tanpa adanya nilai pecahan ya, seperti contohnya 1,2,3,4,-1,-2,-3,-4 pokoknya bilangan yang angkanya bulat itulah tipe data Interger.

Untuk penulisannya seperti ini:

<?php
$nilai1=1;
$nilai2=2;
$hasil=$nilai1+$nilai2; // penjumlahan
echo $hasil;
?>

Float

Untuk tipe data float yaitu bilangan yang bisa disebut double, float dan juga real kegunaanya yaitu untuk menyimpan bilangan desimal seperti 2.4 , 3.5, dan lainnya, oh iya ingat untuk desimal disiini harus dengan angka (titik) untuk penulisannya di php, buka (koma)

Untuk penulisannya seperti ini :

<?php
$nilai1=1.5;
$nilai2=3.6;
$hasil=$nilai1+$nilai2; //penjumlahan
echo $hasil;
?>

String 

Tipe data string sendiri yaitu berfungsi untuk memasukkan text atau kata tunggal maupun kalimat yang nantinya harus menggunakan tanda ( 'text' ) ataupun tanda double ( "text") dan sebenarnya tipe data string itu terdapat 4 jenis tipe yaitu : Single Quoted, Double Quoted, Heredoc, Nowdoc.

Untuk penulisannya seperti ini :

Single Quoted
Penulisan string dengan cara ini bisa dibilang adalah cara yang sederhana, caranya adalah dengan memberi tanda single quoted di awal dan di akhir kalimat yang kita buat. Dan untuk kalimat yang mengandung tanda petik satu harus di dahului dengan backslash ( \ ) dan jika kita ingin memunculkan tanda backslash maka kita harus menulisnya dua kali agar tidak bingung lihat seperti contoh dibawah ini

<?php
$string1='contoh string';
$string2='contoh tanda petik: A\'Laikum"';
$string3='Document root C:\\xampp\\htdoc';
echo $string1; echo "<br>";
echo $string2; echo "<br>";
echo $string3; echo "<br>";
?>

Double Quoted
Sekilas jika dilihat penulisan string dengan single quoted dan double quoted sepertinya tidak ada perbedaan. ada beberapa point yang ternyata ada bedanya antara lain adalah jika penulisan string menggunakan double quoted dan didalamnya terdapat variable maka php akan memprosesnya tapi jika menggunakan single quoted tidak. Apabila di dalam double quoted ada kalimat yang menggunakan tanda (“”) harus menggunakan backslash di awal dan akhir kalimat. sebagai contoh adalah sebagai berikut

<?php
$contoh="ini adalah";
$string1= "$contoh contoh string";
$string2="contoh tanda petik: \"A'Laikum\"";
$string3="Document root C:\\xampp\\htdoc";
echo $string1; echo "<br>";
echo $string2; echo "<br>";
echo $string3; echo "<br>";
?>
Heredoc
Fitur ini berfungsi untuk menuliskan string yang isinya dapat berisi beberapa baris sekaligus. penulisan dengan heredoc memang sangat jarang digunakan contoh penulisan dengan fitur ini adalah sebagai berikut

<?php
$IPK="memuaskan";
$string1 = <<<q
Saya sedang belajar PHP<br />
Kali ini Pembahasanya adalah "Tipe Data", <br /> dan berharap
bisa dapat IPK $IPK
q;
echo $string1;
?>

untuk memulai penulisan di awali dengan tanda “<<<” di ikuti dengan penanda akhir. di contoh saya menggunakan huruf q, untuk menentukan pengakhir kita bisa merubah dengan kata atau karakter lain.

setelah penanda string baru kita menuliskan string untuk menutupnya kita akhiri dengan tanda pengakhir string yang sudah di definisikan di awal ( q ). yang perlu diperhatikan adalah penutup heredoc tidak boleh ada karakter atau spasi diantara pengakhir dan titik koma ( ;).

Nowdoc
dalam penulisan nowdoc tidak banyak berbeda dengan heredoc perbedaanya adalah pada pengakhir string terdapat tanda single quoted. hasil proses dari nowdoc sama halnya dengan single quoted dimana variable dan karakter khusu tidak akan terproses.

Boolean

Untuk tipe data yang kali ini yaitu Boolean, dimana tipe data ini menggunakan 2 kondisi yaitu true dan juga false di dalam variabelnya.

Untuk penulisannya seperti ini :

<?php
$tuliskode1 = True;
$tuliskode2 = False;

Tipe Data tersebut memberikan nilai true atau false pada kondisi tertentu diantaranya Pada :

  • Variabel yang bertipe data integer = 0 (nol) mempunyai boolean false, selain itu true.
  • Variabel yang bertipe data float = 0.0 (nol) mempunyai boolean false, selain itu true.
  • Variabel yang bertipe data string yang kosong, dan string = “0” mempunyai boolean false, selain itu true.
  • Array yang tidak mempunyai element mempunyai boolean false, selain itu true.
  • Objek yang tidak mempunyai member mempunyai boolean false, selain itu true.
  • Tipe NULL dan Variabel yang belum terisi mempunyai boolean false.

Array 


Tipe data array atau larik merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpa banyak data dalam satu variabel. Pada PHP ada 3 (tiga) jenis array, yaitu : Numeric Array, Associative Array, dan Multidimensional Array.

Contoh Numeric Array:

$tuliskode[0] = "Hello";
$tuliskode[1] = "Tuliskode";
echo $tuliskode[0]." ".$tuliskode[1];

Note : Pemanggilan data pada jenis numeric array menggunakan angka, angka merupakan nomor index dari data array yang dimulai dari 0 sampai jumlah data yang dimasukkan. 

Multidimensional Array

Multidimension array merupakan array didalam array. Pemanggilan array ini bisa menggunakan numeric array atau associative array. contoh $tuliskode[0][“web”] dapat diartikan sebagai menampilkan nilai array pertama dan array web dari variabel tuliskode, $tuliskode[“web”][“url”] dapat diartikan sebagai menampilkan nilai array web dan array url dari variabel tuliskode.

Contoh Multidimention Array:

$tuliskode= array(
array("web=>tuliskode.com","email=>info@tuliskode.com"),
array("motto=>ikatlah ilmu dengan berbagi","alamat=>Banda Aceh"));
echo "kunjungi TulisKode, Website : $tuliskode[0][web], alamat = $tuliskode[1][alamat];

Mungkin sampai disini dulu ya, semoga tipe data dalam pemograman PHP dapat kalian pahami, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 referensi diambil dari : http://www.tuliskode.com & http://wistau.com 

Post a Comment